9 Teknologi yang Akan Mengubah Dunia Industri di Era Industri

9 Teknologi yang Akan Mengubah Dunia Industri di Era Industri 4.
9 Teknologi yang Akan Mengubah Dunia Industri di Era Industri 4.0


9 Teknologi yang Akan Mengubah Dunia Industri di Era Industri 4.0, adalah perubahan dunia industri yang memungkinkan untuk :

  • Mengumpulkan dan menganalisis data dari seluruh mesin
  • Proses yang lebih cepat
  • Lebih fleksibel
  • dan lebih efisien

untuk menghasilkan barang berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih rendah. Revolusi manufaktur ini akan meningkatkan produktivitas, menggeser ekonomi, mendorong pertumbuhan industri, dan mengubah kebutuhan tenaga kerja pada akhirnya mengubah jangkauan wilayah yang lebih luas dan daya saing perusahaan.

Teknologi digital yang canggih sebelumnya sudah digunakan dibeberapa bidang manufaktur, tetapi dengan Industry 4.0, akan menghasilkan efisiensi yang lebih besar dan mengubah hubungan produksi tradisional antara pemasok, produsen, dan pelanggan juga antara manusia dan mesin.

Sembilan tren teknologi di Industri 4.0 :

  1. BIG DATA
    Dalam Industri 4.0 pengumpulan dan mengevaluasi data uang komprehensif dari berbagai sumber seperti sistem produksi serta sistem manajemen perusahaan dan pelanggan akan menjadi standar untuk mendukung dalam pengambilan keputusan secara real-time.
  2. ROBOT
    Robot pada akhirnya akan berinteraksi dengan satu sama lainnya dan bekerja bersama manusia dengan aman bahkan dimungkinkan bisa belajar dari manusia. Robot akan lebih murah dan memiliki jangkauan yang lebih besar.
  3. SIMULATION
    Simulasi akan sering digunakan di industri untuk meningkatkan data secara real-time dan mencerminkan seperti sebenarnya dalam model virtual, yang dapat mencakup mesin, produk dan manusia. Ini akan memungkinkan operator untuk menguji dan mengoptimalkan pengaturan alat melalui simulator sebelum menggunkan alat yang sebenarnya, sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya kesalahan.
  4. SISTEM TERINTEGRASI
    Dengan Industri 4.0, perusahaan, departemen, fungsi dan kemampuan suatu sistem bisa saling terhubung dengan jaringan yang terintegrasi dan memungkinkan rantai sistem perusahaan yang benar-benar otomatis.
  5. INTERNET OF THINKS
    Industri 4.0 akan lebih banyak perangkat yang mempunyai sistem komputer didalamnya. Ini akan memungkinkan atar perangkat akan berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain dengan kontrol yang lebih terpusat. Ini juga akan memudah untuk menganalisan dan pengambilan keputusan secara real-time.
  6. CYBERSECURITY
    Dengan meningkatnya konektivitas dan komunikasi di Industri 4.0, kebutuhan untuk pengamanan sistem industri dari ancaman para Cyber meningkat secara drastis. Karena komunikasi yang aman, handal, pengamanan indentitas perusahaan dan pengaturan akses pengguna sangat penting.
  7. CLOUD
    Semakin banyak usaha yang terkait dengan produksi akan meningkatkan data diseluruh perusahaan. Pada saat yang sama kinerja teknologi cloud akan meningkat, perubahannya pun sangat cepat. Akibatnya data dan fungsionalitas alat akan menggunkan Cloud untuk memungkinkan lebih banyak data untuk sistem produksi.
  8. ADDITIVE MANUFACTURING
    Banyak perusahaan baru yang menggunakan manufaktur aditif seperti percetakan 3D, yang kebanyakan merekan gunakan untuk membuat prototipe dan atau memproduksi komponen secaran mandiri. Dengan industri 4.0 metode pembuatan aditif ini akan digunakan secara luas untuk menghasilkan sejumlah kecil produk secara custom.
  9. AUGMENTED REALITY
    Sistem berbasis Augmented-reality mendukung berbagai layanan, seperti memilih suatu barang dan mengirim perintah melalusi smartphone. Sistem ini masih dalam masa pertumbuhan, tetapi di masa depan, perusahaan akan menggunakan augmented reality yang lebih luas untuk menyediakan informasi secara real-time kepada pekerja untuk meningkatkan pengambilan keputusan dan prosedur kerja.

Perusahaan menghadapi tantangan berat dalam mengadopsi teknologi baru ini. Untuk memenangkan persaingan, mereka harus mengimplementasikan taknologi diatas dengan memperluas dan memperdalam tentang teknologi digital dan menerapkan strategi untuk mengubah ke menufatur digital sesuai dengan bidangnya.

source : bcg 

Comments